A. Pengertian Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai
untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada
awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan
perhitungan aritmatika atau yang biasa kita kenal dengan hitung-hitungan,
dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada
mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir semua berhubungan
dengan masalah aritmatika, tetapi komputer saat ini dipakai untuk keperluan
banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Kata computer secara umum pernah dipergunakan
untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau
tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata
tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk
"orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan
sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut
menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang
pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.
Komputer
adalah perangkat alat elektronik yang mampu mengolah data untuk menyajikan
informasi yang diinginkan.
Orang yang mendesain salah satu mesin
hitung pertama (mesin analitikal) adalah Charles Babbage. Selain itu, berbagai
alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai
komputer.
B. Pembagian Komputer
Secara
garis besar, komputer dibagi menjadi tiga bagian yaitu Hardware,
Software, dan Brainware.
Software
adalah perangkat lunak komputer
untuk mengkontrol perangkat keras (hardware). Software bisa
dikelompokkan dalam beberapa kategori antara lain:
- Sistem Operasi (Operating Sistem) : Ms. DOS, Windows, MAC OS, dan Linux.
- Program bantu (Utility) : Anti Virus, PC Tools dan Windows Explorer.
- Program Siap Pakai (Aplikasi) :
- Pengolah Kata (word processor) : WordStar, WordPerfect, Ms. word.
- Pengolah Angka (spread sheet) : Lotus, Excel, Quattro Pro.
- Pengolah Data (database) : Dbase, FoxPro, Ms Access.
- Pengolah Citra (gambar) : CorelDraw, 3DStudio, Adobe Photoshop.
- Compiler / Interpreter : Pascal, Delphi, Visual Basic, Visual FoxPro.
Brainware
adalah SDM (Sumber Daya Manusia)
yang mengurusi komputer tersebut. Dibagi dalam beberapa kategori sesuai dengan
tugasnya antara lain :
- Operator : Bertugas mengoperasikan komputer.
- Programmer : Bertugas membuat program siap pakai.
- System Analyst : Bertugas menganalisa dan merancang sistem komputer perusahaan.
C. Perkembangan Komputer
Komputer
dari sejak awal dibuatnya sampai dengan sekarang telah banyak mengalami banyak
sekali bentuk perubahan dan penyempurnaan kegunaannya. Tahun 1930 merupakan
tahun dimana konsep dari komputer serba guna menjadi bagian dari lahirnya
komputer modern masa kini dimulai dengan perkembangan perangkat keras (hardware)
yang menuntut pula perkembangan penggunaannya di dalam perangkat lunak (software)
serta penggunanya (brainware). Sejarah perkembangan hardware komputer
dari berbagai generasi dapat dijelaskan seperti berikut:
- Generasi Komputer Pertama (1946 - 1959)
Komputer generasi pertama dibuat
dengan sangat sederhana dengan bentuk ukuran fisik yang besar, membutuhkan
tenaga listrik yang besar dan menggunakan komponen hampa udara (vacuum tube),
contoh MARK I, IBM 702 dan UNIVAC II.
- Generasi Kedua (1959 – 1965)
Pada generasi
ini dikembangkan penggunaan teknologi transistor dan bahasa tingkat tinggi
sebagai bahasa komputer pertama sehingga mempunyai kecepatan yang lebih
dibandingkan generasi pertama, misal NCR 300, GE 200 dan IBM 7080.
- Generasi Ketiga (1965 – 1970)
Komputer pada
generasi ketiga dibuat dengan menggunakan teknologi IC atau yang biasa disebut
sebagai chip sehingga listrik yang dibutuhkan pun lebih hemat dan mempunyai
memory sampai dengan ratusan karakter serta penggunaan magnetik disk yang
berkapasitas besar, seperti UNIVAC 9000 dan Burroughs 7700.
- Generasi Keempat (1970 – 1995)
Pada generasi
keempat penggunaan IC dikumpulkan dan dipadatkan di dalam Chip sebagai
rangkaian IC yang terpadu sehingga memungkinkan pembuatan kecerdasan buatan
dalam komputer untuk teknologi simulasi dan sensor, misal IBM 370 dan APPLE II.
- Generasi Kelima (Present & Beyond)
Pada generasi
kelima ini sudah dipergunakan teknologi Web dan browser untuk pengolahan dan
penyampaian informasi secara real time berbasis grafik dan tanpa kabel, seperti
Nokia9210, raveMP Player, Ms. Reader, Apple G4 dan sebagainya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar